Sabtu, 10 November 2012

5 Cara Mengatasi Masalah Uang dalam Pernikahan


img

Keuangan merupakan salah satu faktor utama yang bisa menyebabkan pertengkaran bahkan retaknya biduk rumah tangga. Tetapi jangan kahwatir, karena masalah itu bisa diatasi dengan lima langkah efektif di bawah ini. Seperti yang dikutip dari Ezinearticle, berikut ini cara mengatasi masalah uang dalam pernikahan.

1. Membuat dan Mematuhi Anggaran
Diskusikan pada pasangan mengenai rencana memiliki anggaran belanja keluarga. Sangat penting jika Anda berdua berpartisipasi dalam menentukan anggaran tersebut. Buatlah daftar pengeluaran yang penting seperti tagihan listrik, air dan lainnya, setelah itu
cobalah untuk menyisihkan sebagian pendapatan untuk menabung. Dengan begitu Anda akan merasa aman jika terjadi sesuatu hal yang tak diinginkan dan harus segera ditangani. Lebih penting lagi, pastikan bahwa Anda berdua mematuhi anggaran agar tidak terjadi perselisihan di kemudian hari.

2. Miliki Rekening Terpisah
Rekening bersama tidak selalu berlaku bagi setiap pasangan. Tak jarang hal itu malah menyebabkan pertengkaran rumah tangga. Jika Anda adalah salah satu pasangan yang bermasalah dengan rekening bersama, maka tak ada salahnya mencoba memiliki akun bank terpisah.

3. Jangan Pernah Miliki Rahasia
Sebaiknya Anda juga bertanggung jawab dengan keuangan Anda sendiri sebelum akhirnya hal itu memicu perselisihan rumah tangga. Usahakan untuk selalu jujur terhadap pasangan, beri tahu apa yang telah Anda beli dan berapa banyak uang yang telah dihabiskan. Walaupun Anda menghasilkan uang lebih besar daripada pasangan, bukan berarti Anda bisa menghabiskan sesuka hati. Selalu ingat bahwa ketika Anda memasuki pernikahan, apa yang menjadi milik Anda berati miliknya juga, begitupun sebaliknya.

4. Konsultasikan Pada Financial Planner
Jika Anda tak bisa mengatasinya sendiri, tak ada salahnya mencari bantuan pada konselor pernikahan yang mengkhususkan diri dalam masalah keuangan. Uang selalu menjadi masalah umum dalam pernikahan, jadi penasihat keuangan pun bisa memberikan saran serta langkah-langkah untuk mengurangi biaya.

5. Memiliki Tujuan yang Sama dengan Pasangan
Ketika Anda dan pasangan sudah memutuskan untuk memiliki anggaran bersama, tentu Anda harus memiliki tujuan keuangan yang sama pula dengan suami. Jika Anda ingin menabung untuk membeli perabotan rumah tangga, maka pasangan juga harus memiliki pikiran yang sama.

Jika tidak, tentu hal tersebut bisa menjadi masalah. Anda berdua harus memiliki pemikiran yang sama mengenai uang agar bisa mengurangi argumen. Masalah rumah tangga terus akan timbul jika satu orang berusaha menabung sedangkan yang lainnya memilih untuk membelanjakannya.

Kindly Bookmark and Share it:

1 komentar:

Anonim mengatakan...

buat teman2 yang mau penghasilan ratusan dollar dengan pendaftaran gratis hanya melihat website dalam waktu 10 detik dibayar $100 jika anda melihat sepuluh website maka anda akan mendapatkan $1000 ,ini perogram baru dari amerika
caranya : anda melakukan pendaftaran ,setelah berhasil melakukan pendaptaran lalu klik menu view ads ,silahkan anda lihat satu persatu iklan,jangan lupa setelah melihat iklan ada perintah untuk mengklik gambar yang sama nah anda klik gambar nya
untuk selengkapnya silahkan anda melakukan pendaftaran di http://www.500dollarptc.com/splash1.php?ref=ecabdg