Sabtu, 10 November 2012

Konsumsi Aspirin Tiap Hari Bisa Rusak Penglihatan

img

Berhati-hatilah bagi Anda yang suka mengonsumsi aspirin. Menurut penelitian di Eropa, penggunaan obat pereda nyeri setiap hari bagi orang lanjut usia bisa mengganggu penglihatan.

Seperti yang dikutip dari Reuters, data penelitian tidak menunjukkan bahwa aspirin bisa membuat seseorang kehilangan penglihatannya. Namun temuan yang diterbitkan dalam jurnal Oftalmologi memperlihatkan adanya pengaruh antara aspirin dengan gangguan mata.

"Bagi orang yang memiliki usia melebihi 65 tahun dengan risiko degenerasi makula, sepertinya tidak bijaksana untuk menyarankan mereka meminum obat pereda nyeri," kata William Christen dari Brigham dan Rumah Sakit Wanita di Boston, dikutip dari Reuters.

Penelitian yang dipimpin oleh Paulus de Jong di Belanda Institute for Neuroscience dan Academic Medical Center, telah mengumpulkan informasi kesehatan dan gaya hidup dari hampir 4.700 orang di atas usia 65 tahun. Selain dilakukan di Amerika, penelitian ini juga dilakukan di Norwegia, Estonia, Inggris, Perancis, Italia, Yunani dan Spanyol.

Hasilnya, dari 839 orang yang mengonsumsi aspirin setiap hari, terdapat 36 orang yang memiliki bentuk lanjutan dari penyakit ini yang disebut degenerasi makula jenis basah. Penyakit yang juga dikenal sebagai AMD eksudatif atau Neovascular, disebabkan oleh pembuluh darah yang tumbuh dari koroid ke retina. Kebocoran pembuluh darah di mata ini bisa menyebabkan hilangnya penglihatan.
Kindly Bookmark and Share it:

0 komentar: